Tolong Diperhatikan, Ini Intruksi Gubernur Perbaiki Penyebab Banjir

Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau gorong-gorong penyebab banjir / rmolsumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau gorong-gorong penyebab banjir / rmolsumsel

Usai mengecek langsung lokasi banjir di Desa Ujan Mas Baru, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Sabtu (31/10/2020) menginstruksikan instansi terkait agar segera memperbaiki gorong gorong yang sudah tidak bisa lagi menampung debit air yang menyebabkan banjir beberapa waktu yang lalu.


“Ini masalahnya hanya kapasitas yang sudah tidak bisa menampung derasnya debit air. Setelah mengecek lokasi ini, saya minta Balai Besar dan Dinas PU Provinsi untuk gerak cepat mengatasi masalah ini. Karena ini adalah tanggung jawab kita karena ini merupakan jalan Negara, dan ini juga udah teranggar di APBD Provinsi tahun 2021,” tegas HD.

Selain menginstruksikan instansi terkait, HD juga secara simbolis memberikan bantuan berupa sembako dan kebutuhan rumah tangga kepada warga yang terdampak banjir.

“Bantuan yang kita berikan ini memang tidak menyelesaikan penderitaan masyarakat. Namun kami harapkan apa yang sudah dilakukan pemerintah bisa sedikit membantu masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan sembako dan kebutuhan rumah tangga, Gubernur juga meminta dinas terkait baik Provinsi dan Kabupaten untuk merekonstruksi lima rumah warga yang hancur akibat hantaman derasnya air.

“Tinggal dinas provinsi dan kabupaten berkoordinasi, pokoknya harus bisa dibangun kembali,” tegasnya seraya menambahkan bahwa setelah diperabiki HD minta masyarakat menjaga dengan tidak membuang samapah di sungai dan memperlakukan sungai dengan baik.

Sementara itu, Plt Bupati H Juarsah dalam laporannya kepada Gubernur mengatakan, ada 102 Kepala Keluarag yang terdampak banjir bandang kemarin di Desa Ujan Mas Baru.

“Langkah awal yang Pemda lakukan adalah mengirim tim dari Basarnas dan BPBD untuk membantu warga mengevakuasi barang barang yang masih bisa diselamatkan. Selain itu juga membuka dapur umum dan memberikan bantuan lainnya,” ujar Juarsah.

Juarsah juga berterima kasih kepada Gubernur yang langsung merespon warga ya yang mendapatkan musibah. “Terima kasih kepada Gubernur yang langsung ke lokasi dan memberikan perhatian langsung,” pungkasnya.