Keren ! Sekarang Tanjung Sakti Jadi Lembangnya Sumatera

rmolsumsel
rmolsumsel

Jadi potensi pariwisata yang luar biasa, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru siap mewujudkan Desa Sindang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, jadi kawasan wisata alam melebihi kawasan wisata di Lembang, melalui akses jalan baru yang dapat memangkas waktu tempuh.


Hal itu disampaikannya usai meresmikan kawasan Agrowisata Sindang Panjang Tanjung Sakti, Jumat (30/10/2020).

"Apa yang dilakukan sekelompok masyarakat yang dipelopori putra daerah Tanjung Sakti, betul-betul luar biasa. Mereka mampu memanfaatkan potensi alam menjadi sebuah potensi wisata yang menghidupkan ekonomi masyarakatnya. Kita siap bantu lebih meramaikan lagi kawasan wisata ini dengan akses jalan yang dapat memangkas jarak tempuh ke kawasan ini," ungkapnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menuturkan, akan segera membahas terkait pembangunan akses jalan baru menuju kawasan wisata di Desa Tanjung Sakti ini. Salah satunya, menyelesaikan izin penggunaan kawasan hutan untuk keperluan pembangunan jalan.

"Kebetulan ada beberapa titik hutan, jadi kita harus meminta izin dulu. Jika ini terwujud, maka akses menuju kawasan ini yang semula 12 kilometer, bisa menjadi 2 kilometer saja," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang menuturkan, peresmian Agrowisata Sindang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi ini, adalah awal dari berkembangnya kawasan ini menjadi kawasan wisata alam favorit sama seperti di kawasan wisata Lembang Jawa Barat.

"Sepertu yang dikatakan salah satu putra daerah, yang sekarang menjadi Walikota Palembang, Harnojoyo, dulu Desa Sindang Panjang ini, sepi dan kata orang daerah ini tempat jin buang anak, tapi dengan adanya Agrowisata ini, Tanjung Sakti akan menjadi Lembangnya Sumatera," ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat ini siap mensuport apa yang menjadi kebutuhan untuk pengembangan kawasan Agrowisata Tanjung Sakti ini. Salah satunya adalah pembinaan UMKM masyarakat setempat. Sehingga saat wilayah ini berkembang menjadi kawasan wisata, tentu harus dapat memberikan efek yang besar terhadap masyarakat sekitar.

"Dengan adanya ini kami sangat senang dan ini harus terus dikembangkan," katanya.