Banjir Bandang di Muaraenim, Rumah-rumah Warga Hanyut..

Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Muara Enim, sejak Jumat (30/10/2020) dini hari, menyebabkan banjir. Akibatnya sejumlah rumah di Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim, hanyut terbawa arus.


Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Muara Enim sejak pukul 00.00 WIB ini menyebabkan aliran anak Sungai Mapur di Dusun VI, Desa Ujanmas Baru tidak mampu menampung air curah hujan tersebut. Kondisi ini menyebabkan air meluap ke pemukiman warga. 

Erokan Komar (40), warga setempat , menerangkan banjir terjadi sekitar pukul 00.00 WIB, berawal dari hujan yang cukup deras dan air di anak Sungai Mampur meluap. 

"Banjirnya disebabkan oleh curah hujan yang sangat lebat sekitar pukul 00.00 WIB hingga anak Sungai Mapur tidak mampu menampung air huja. Terjadilah banjir bandang sekitar pukul 02.00 WIB," terang Erosan, Jumat (30/10/2020).

Lanjut Erosan setidaknya saat ini ada tiga rumah yang ikut terbawa arus akibat banjir bandang ini. 

" Ada tiga rumah yang rusak oleh banjir bandang ini yaitu rumah milik Pak De Yudi, Adi Alman Allan, dan Nurlena,"ungkapnya.

Sementara itu Sekertaris Desa Ujanmas Baru Joni Anuar saat dikonfirmasi RMOLSumsel.id membenarkan adanya banjir bandang tersebut. 

“Benar ada banjir bandang yang disebabkan anak sungai Mapur yang ada di kampung VI dan VII desa Ujanmas Baru," katanya.

Lebih lanjut Jonet,  sapaan akrabnya mengatakan belum diketahui ada korban jiwa atau tidak pada kejadian ini namun besar kemungkinan ada. 

“Korbannya jiwa besar kemungkinan tidak ada, namun korban harta benda terdapat tiga rumah yang hanyut terbawa arus dan sejumlah rumahainnya terendam banjir tersebut,"pungkasnya.