Ribuan Masker Dibagikan Saat Operasi Zebra 2020

Kombes Sambodo Purnomo Yogo / net
Kombes Sambodo Purnomo Yogo / net

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan membagikan ribuan masker setiap harinya selama Operasi Zebra Jaya 2020. Masker tersebut akan dibagikan kepada pengendara yang belum menggunakan masker saat berkendara.


Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan Operasi Zebra kali ini berbeda dengan sebelumnya.

Namun, kali ini lebih ke pengenalan hukum. Selain itu, karena operasinya saat masa pandemi Covid-19, penegakannya sangat kecil, tetapi lebih kepada upaya preventif dan preemtif.

"Persentase penegakan hukum sangat kecil, kurang lebih hanya sekitar 20 persen, titik berat utamanya adalah pada upaya preventif dan preemtif," ungkap Sambodo, Rabu (28/10) kemarin.

"Ketika menemukan warga atau masyarakat yang tidak menggunakan masker, tidak kami lakukan penilangan tetapi justru kami berikan penyadaran dan kami berikan masker," ujarnya.

Sambodo mengatakan total ada 4.000 masker yang disediakan di seluruh polres dan jajaran setiap harinya untuk masyarakat. Masker itu akan dibagikan sepanjang operasi zebra berlangsung.

"Selama operasi zebra ini setiap hari kami akan bagikan 3.000 sampai 4.000 masker di seluruh polres-polres di jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya, setiap hari selama 14 hari operasi," katanya.

Sambodo mengharapkan bahwa pembagian masker tersebut agar masyarakat memiliki cadangan masker lebih dari satu.

"Diharapkan masyarakat seluruhnya mempunyai masker lebih dari satu, itu yang kami harapkan," pungkasnya. Sebagaimana diketahui, operasi zebra ini mulai digelar sejak Senin (26/10) hingga 8 November mendatang.