Apel Pemecatan 2 Anggota Polres OKU Diwakili Fotonya Saja

Apel Pemecatan 2 Anggota Polres OKU / rmolsumsel
Apel Pemecatan 2 Anggota Polres OKU / rmolsumsel

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Arif Hidayat Ritonga, memimpin apel pemecatan dengan tidak hormat dari institusi kepolisian terhadap dua personelnya.


Apel Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) itu disaksikan para anggota di halaman apel Mapolres OKU, kemarin (27/10/2020). Namun, tak dihadiri dua anggota yang diberhentikan.

Dalam apel tersebut, terlihat anggota yang di PDTH hanya diwakili foto saja.

Kapolres OKU AKPB Arif Hidayat Ritongan mengungkapkan hal itu dilakukan sesuai dengan surat keputusan Kapolda Sumsel tentang pemberhentian dengan tidak hormat dari dinas Polri.

Dalam kesempatan itu, Kapolres menyampaikan bahwa dirinya selaku pimpinan dengan rasa berat hati melaksanakan upacara itu.

"Karena imbasnya bukan hanya kepada yang bersangkutan tetapi juga kepada keluarga besarnya," jelasnya.

Perlu diketahui, jelas Arif bahwa upacara PDTH merupakan salah satu wujud dan realisasi komitmen Polri memberikan sanksi hukuman bagi anggota yang melakukan pelanggaran disiplin maupun kode etik kepolisian. 

"Maka dengan sangat terpaksa untuk institusi Polri khususnya di Polres OKU, terhadap yang bersangkutan diajukan putusan sidang dengan rekomendasi PDTH," katanya.

Kapolres juga berpesan kepada 2 personel Polres OKU tersebut dapat menerima putusan ini dengan lapang dada.

Walaupun tidak lagi menjadi Polri diharapkan tetap menjadi mitra polri dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat.

"Semoga kedepannya dapat menjalani hubungan yang lebih baik sehingga menjadi orang yang lebih sukses dalam keluarga maupun di tengah masyarakat," tandasnya.