Ganjar dan Anies Sosok Potensial Maju Pilpres 2024

Ujang Komarudin / net
Ujang Komarudin / net

Pemilihan presiden baru akan digelar pada tahun 2024 mendatang. Namun sejumlah nama sudah menjadi buah bibir dan digadang-gadang sebagai kandidat terkuat bakal calon presiden.


Berdasarkan lembaga survei Indikator Politik Indonesia elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan berada di peringkat teratas sebagai pilihan calon presiden 2024.

"Ini adalah hal yang wajar jika ada lembaga survei yang mempublish hasil survei terkait capres dan cawapres di 2024 agar rakyat banyak pilihan dan tahu kinerja dan track record para kandidat capres dan cawapresnya," ujar pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin, Selasa (27/10).

Menurut Ujang Komarudin, sosok Ganjar dan Anies sangat potensial untuk menjadi capres dan cawapres di 2024. "Namun untuk Ganjar akan sedikit terhalang oleh kasusnya di masa lalu, yang pernah disebut-sebut terlibat dalam kasus e-KTP. Sedangkan Anies tantangannya, tak punya partai," jelasnya.

Adapun menurut lembaga survei Indikator Politik Indonesia Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas sebesar 18,7 persen, kemudian Prabowo Subianto 16,8 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 8,8 persen, dan Ridwan Kamil 7,6 persen.

Sisanya, elektabilitas nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantyo dan sebagainya masih di bawah angka 5 persen.