Muaraenim Segera Terapkan Aplikasi Anjungan Bansos Sriwijaya

Usai dilaunching oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Aplikasi Anjungan Bansos Sriwijaya akan segera diterapkan di Kabupaten Muara Enim.



“Saya segera menginstruksikan jajaran dari dinas/badan terkait agar memvalidasi data supaya diinput pada Aplikasi Anjungan Bansos Sriwijaya,” ujar Plt Bupati H Juarsah, Minggu (25/10/2020).

Untuk teknis dan mekanisme lebih lanjut, menurutnya, akan diinformasikan oleh Diskominfo Kabupaten Muara Enim sebagai pengelola layanan.

“Saya berharap dengan data yang valid dan terintegrasi, maka memudahkan upaya pemerintah dalam menyalurkan bantuan yang akuntabel dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati menghadiri kegiatan Peluncuran Aplikasi Anjungan Bantuan Sosial (Bansos) Sriwijaya oleh Gubernur di Griya Agung, Palembang.

Aplikasi ini merupakan layanan data berbasis situs daring yang menyediakan informasi mengenai penyaluran, penerima maupun materi bantuan sosial kepada masyarakat.

Program ini didukung penuh oleh Bupati. Ia menyambut baik hadirnya inovasi ini sehingga dapat menjadi pusat data bantuan sosial yang valid serta transparan karena mudah diakses secara luas.

Dalam sambutannya di hadapan para kepala daerah se-Sumatera Selatan, Gubernur mengharapkan adanya kesamaan informasi dan data antara pemerintah provinsi dan pemerintan kabupaten/kota di Sumatera Selatan sehingga melalui aplikasi yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan ini,

“maka nantinya semua data penyaluran dan penerima bantuan sosial terintegrasi serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Dengan demikian, aplikasi inipun berfungsi sebagai sarana pengawasan dan pemantauan penyaluran bantuan sosial agar lebih transparan dan bertanggungjawab,” pungkas Gubernur.