Rosela dan Serai Wangi Muaraenim, Layak Jadi Primadona Baru Produk Rempah Unggulan

rmolsumsel
rmolsumsel

Selain kaya akan sumber daya mineral, batubara dan pertanian, ternyata di sektor perkebunan Kabupaten Muaraenim juga menyimpan kekayaan rempah yang belum banyak dikenal orang, yaitu teh bunga rosela dan minyak serai wangi.


Untuk itu pada Festival Rempah Sumatera Selatan 2020 kali ini, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Muaraenim yang diketuai oleh Dra. Hj. Nurhilyah Juarsah mengangkat kedua produk rempah khas Kabupaten Muaraenim tersebut untuk ditampilkan.

Gubernur H. Herman Deru dan Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Febrita Lustia Deru pun nampak antusias mencoba teh rosela dan minyak serai wangi dari produk kemasan rumah tangga binaan TP. PKK Kecamatan Lawang Kidul.

Pada festival yang diikuti oleh 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan dan dibuka Sabtu pagi (24/10) ini, Gubernur dan TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan menyempatkan diri mengunjungi tenda pameran Kabupaten Muaraenim yang diterima oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Muaraenim dan Plh. Sekretaris Daerah, Amrullah Jamaluddin, S.E. Seusai meninjau dan mencicipi produk yang dipamerkan.

Gubernur menerangkan, bahwa teh rosela dan minyak serai wangi dari Kabupaten Muaraenim ini memiliki kekhasan yang jarang sekali muncul dipasaran sehingga peluang usahanya sangat menjanjikan.

“Saya yakin jika dikemas dan dipasarkan dengan tepat, maka kedua produk rempah khas Muaraenim ini akan menjadi ikon dan primadona baru produk rempah unggulan Sumatera Selatan,” ujar HD.

Plh. Sekda juga mengharapkan agar potensi rempah unggulan Kabupaten Muaraenim dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, tidak hanya petani tapi juga bermunculan industri olahan rumah tangga.

Sementara itu Ketua TP. PKK Kabupaten Muaraenim menyampaikan bahwa pada festival ini TP. PKK Kabupaten Muaraenim berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Juara 2 Program Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja, Juara Harapan 2 Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Lomba IVA tes deteksi dini penyakit rahim tingkat Provinsi Sumatera Selatan.