Presidium Kabupaten Basemah Minta Lahat Lepas Enam Kecamatan

Wilayah Kabupaten Lahat bakal semakin menyempit, menyusul muncul wacana pembentukan Kabupaten Basemah. Kabupaten baru ini wilayahnya direncanakan menggabungkan Kota Pagar Alam dan 6 kecamatan di Kabupaten Lahat.


Wacana pembentukan kabupaten baru di Provinsi Sumatera Selatan ini, terungkap pada  audensi Presidium Pembentukan Kabupaten Basemah dengan Pemkab Lahat, Jumat (23/10/2020).

 
Presedium ini diterima Wakil Bupati Lahat H  Haryanto dan Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homisi. Pada pertemuan itu, diungkapkan Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah Aspan,  bahwa pihaknya meminta Pemkab Lahat untuk memberikan dukungan dan merestui pelepasan 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Lahat untuk digabungkan dengan wilayah Kota Pagaralam sebagai wilayah Kabupaten Basemah nantinya.

Menurut Dia, pihaknya telah mendapat mandat dari masyarakat  pada 6  kecamatan  meliputi Kecamatan Jarai, Pajar Bulan, Sukamerindu, Muarapayang, Tanjungsakti Pumu, dan Tanjungsakti Pumi yang bersedia bergabung ke Pagaralam membentuk Kabupaten Basemah, bahkan diakujinya bahwa  kesediaan itu telah ditandatangani para kepala desa di wilayah 6 kecamatan tersebut.

Menanggapi keinginan itu, Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto  mengemukakan, jika untuk kemajuan daerah dan masyarakat maka tentu  saja Pemkab Lahat akan mendukung wacana pembentukan Kabupaten Basemah, akan tetapi hingga saat ini belum ada pertemuan komunikasi antara Pemkab Lahat dengan Pemkot Pagaralam mengenai wacana pembentukan kabupaten baru itu.

Senada dikemukakan Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Fitrizal Homisi. Menurut Dia,  pihaknya sebagai lembaga wakil rakyat menyambut baik wacana tersebut dan mendukungnya bila untuk  kemajuan dan kepentingan masyarakat, namun harus sesuai aturan dan harus dikoordinasi terlebih dahulu.

Sekretaris Presidium  Pembentukan Kabupaten Basemah, Arudji menyampaikan,  keinginan pembentukan kabupaten ini untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kesejahteraaan, dan tujuan lainnya adalah penggabungan tanah Kewedanaan Pasemah.

Untuk diketahui, sejak tahun 2001 lalu, wilayah Kabupaten Lahat telah 2 kali dimekarkan yakni dengan dibentuknya Kota Pagaralam tahun 2001 dan pembentukan Kabupaten Empat Lawang tahun 2007. Keinginan pembentukan Kabupaten Kikim Area prosesnya juga sudah bergulir di pemerintah pusat, dan saat ini muncul pula keinginan pembentukan Kabupaten Basemah yang wilayahnya juga mengabungkan 6 kecamatan di Kabupaten Lahat.