D'Sultan Stable Tempat Liburan Berkuda Ala Cowboy

pelatih kuda saat sedang melatih Finto / rmolsumsel
pelatih kuda saat sedang melatih Finto / rmolsumsel

Bagi warga Palembang yang bingung mencari tempat liburan, D'Sultan Stable bisa menjadi pilihan buat kalian yang suka liburan seru bersama keluarga dan teman.


D'Sultan Stabel berlokasi di Jalan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Sesuai konsep yang diusung D'Sultan Stable tersebut menawarkan banyak wahana seru dan menarik mulai dari berkuda ala cowboy hingga panahan.

Saat RMOL Sumsel mengunjungi lokasi tersebut, terlihat satu kuda berkulit coklat putih dan ekor panjang, yang dinamakan Finto sedang berlari dengan gagah yang ditunggaki oleh pelatih kuda.

Tempat liburan ini dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu pukul 07.00-17.30 WIB. Tak hanya itu, di D'Sultan Stable kita juga bisa mendapatkan edukasi tentang kuda. Bagaimana cara merawat kuda dan lain-lain, tentu dengan pendampingan yang sudah disediakan.

Pengurus D'Sultan Stabel, Abdul Robi mengatakan, tidak hanya bermain kuda dan panahan saja. Namun pihaknya juga menyediakan tempat untuk otis berkemah.

"Disini juga berkudanya ada ridding lesson (member) dengan 4 kali pertemuan dengan harga Rp 650.000, kalau 8 kali pertemuan Rp 1.250.000," ujarnya, Sabtu (24/10).

Sedangkan untuk wisata kuda ada per lap, per jam dan schooling. Begitupun di panahan ada clubnya. Yang jelas kalau di Stabel ini, lanjut Robi ada komunitas yang bernama Kumpulan Panah Berkuda Indonesia (KPBI) membuat suatu wadah tempat wisata atau menjalankan Sunnah Rasul.

Diceritakan Robi, wahana tersebut awalnya ini untuk pribadi, tidak dibuka untuk umum. Namun kaarena biaya makan kuda dan perawatan yang memang cukup besar, akhirnya dibukalah untuk umum.

"D'Sultan Stable sendiri sudah dibangun sejak sekitar 2,5 tahun lalu. Namun baru dibuka untuk umum sekitar 2 tahun lalu. Ya selama pandemi ada penurunan 50 persen untuk pengunjung, tapi ada juga pengunjung yang datang," katanya lagi.

Dijelaskannya, manfaat berkuda selain menjalan sunnah rasul, yang jelas berkuda adalah olahraga dan untuk kesehatan. Olahraga tidak hanya yang berat-berat, karena berkuda itu salah satunya bisa meningkatkan imun, yang penting rutin.

Awal berkuda ini yang jelas keseimbangan, kita harus percaya sama kuda, harus bisa menjalin komunikasi sama kuda. Karena kita harus yakin, prinsipnya berkuda I'm The Bos jadi kuda paling suka di pimpin.

"Kalau berkuda kan bukan yang kita menggerakkan tapi kudanya yang menggerakkan. Kalau dibilang berkuda olahraga mahal, yah relatif pada umumnya. Justru perawatannya yang mahal. Jadi wajar aja, apalagi untuk schooling nya, karena kuda perlu di latih," tukasnya.