Dewa Berharap Persentase Buta Aksara Al Quran di Palembang Berkurang

Untuk mengurangi persentase buta aksara Al Qur’an dan mewujudkan generasi beriman serta masyarakat yang religius, Sekretaris Daerah (Sekda) Ratu Dewa meresmikan Kantor Sekretariat Forum Komunikasi Taman Pendidikan Al-Qur’an (FKTPQ) Kota Palembang.


Kantor yang berpusat di Jalan Pertahanan Ujung RT 73 RW 12, Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU), Palembang tersebut, menjadi pusat pendidikan Al-Quran membawahi sejumlah organisasi pendidikan Al Qur’an di Palembang.

Dewa menyampaikan, dengan adanyanya FKTPQ ini, keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk mewujudkan palembang yang lebih agamis dan religius dapat segera tercapai. Hal ini seleras dengan visi dan misi Palembang EMAS Darussalam 2023.

"Alhamdulillah, dengan diresmikannya lembaga ini, kita berharap dapat menjadi roda pengerak memberantas buta aksara Al-Qur’an di Kota Palembang yang kita cintai ini," ungkapnya.

Dewa mengungkapkan, FKTPQ merupakan lembaga yang mempunyai peran penting dalam membentuk karakter generasi bangsa untuk belajar dan memahami Al Qur’an.

Sebagai koordinator membawahi sejumlah organisasi pendidikan Al Qur’an di Palembang, lembaga ini mempunyai tugas yang berat namun sangat mulia, untuk mengajak masyarakat menggalakan gemar membaca kalam Ilahi ini.

"Mereka mempunyai tugas yang berat namun mulia. Namun, dari apa yang dilakukan, insyaallah.SWT akan mendapatkan balasan nilai pahala yang berlipat ganda dari Allah.SWT," terangnya.

Sementara itu, Ketua FKTPQ Kota Palembang H Buya Syamsudin Hermansyah mengatakan,FKPQ ini merupakan lembaga koordinasi yang membawahi sejumlah organisasi pendidikan Al Qur’an di Palembang.

"Kami akan semakin meng giatkan gerakan membaca Al Qur’an khususnya di kalangan anak-anak," katanya.

Untuk mendorong gerakan baca Al Quran ini, katanya, harus ditunjang dengan pendidik an Al Quran yang berkualitas.

"Di sinilah peran dari organisasi pendidikan Al Qur’an cukup penting," tandasnya. [ida]