PKS Ditantang Pimpin Koalisi Lawan Gibran

Ada beberapa pihak mengeluhkan pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bersama Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Terlebih, Gibran mendapat rekomendasi PDI Perjuangan, yang batal mencalonkan kader seniornya Ahmad Purnomo.


Kendati ada beberapa pihak yang mengeluhkan, hingga kini pencalonan Gibran-Teguh belum diikuti oleh kehadiran calon penantang.

Karena belum ada penantang bagi Gibran-Teguh di Pilkada Solo, banyak pihak memprediksi pasangan tersebut akan melawan kotak kosong.

Karena itu, Direktur Eksekutif Analis Politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago berharap, ada partai lain yang turut mengajukan pasangan untuk menjadi pesaing Gibran-Teguh.

"Kita sangat berharap PKS memimpin gerbong parpol koalisi bertanding melawan Gibran," ucap Pangi Syarwi Chaniago kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (24/7/2020).

Dengan demikian, lanjut Pangi, masyarakat Kota Solo akan memiliki alternatif pilihan selain Gibran-Teguh dan kotak kosong.

"Sehingga masyarakat punya banyak varian menu yang beragam disajikan. Ada alternatif pilihan bagi masyarakat Kota Solo. Jadi kita juga berharap ada calon dari independen bisa lolos dalam persyaratan menjadi calon Walikota Solo," pungkas Pangi.[ida]