Siap-siap, Jam 10 Malam Ini Kelulusan Siswa SMP Diumumkan

Kelulusan siswa SMP dijadwalkan hari ini, Jumat (5/6) melalui website masing-masing sekolah. Namun, ada pengunduran waktu pengumuman kelulusan siswa.


Sebelumnya pengumuman kelulusan SMP/Mts Negeri dan Swasta di Kota Palembang dijadwalkan pada hari ini, pukul 18.00 WIB namun mengalami perubahan menjadi pukul 22.00 WIB.

"Iya pengumumannya secara online pada pukul 22.00 WIB, kenapa malam karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi ditengah pandemi saat ini. Maka dari itu, mohon diindahkan dan harus dilaksanakan apa yang diarahkan Dinas Pendidikan Palembang," ujar Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Palembang Hasodo Alpian.

Meurutnya, kelulusan di era pandemi Covid-19 ini sangat spesifik dan spesial. Dari SD hingga SMA, karena tidak ada Ujian Nasional (UN) lagi.

"Jadi nilai diambil dari semester 1-5 terakhir atau dari kelas VII-IX, kelulusan ini juga tidak dinilai dari ketuntasan kurikulum, seluruh program pembelajaran juga dinilai dari sikap, perilaku, dan ekstrakulikuler seperti Pramuka dan harus memiliki nilai minimal B," jelasnya.

Dirinya mengimbau kepada kepala SMP di Palembang agar memperhatikan para siswanya untuk tidak melakukan konvoi.

Bahwa apabila ada siswa yang melakukan konvoi atau corat coret seragam serta mengganggu ketertiban dan melanggar protokol kesehatan, pihaknya akan memberikan sanksi.

"Ya kalau masih melanggar terus tertangkap pihak berwenang atau tim gugus tugas, maka siswa akan mendapatkan sanksi bisa berupa penangguhan (penahanan) pemberian ijazah kelulusan," tegasnya.