Demi Kemaslahatan Warganya, Bupati Sumbangkan Gaji-Hasil Pertaniannya

Pandemi Virus Corona 2019 (covid-19) membuat perekomian lumpuh di seluruh Indonesia, tak terkecuali Tabanan, Bali. Di Tabanan, covid-19 telah berdampak negatif pada sektor ekonomi, sosial, dan kesehatan masyarakat.


Untuk kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, Bupati Tabanan Ni Puti Eka Wiryastuti, berkomitmen mendonasikan seluruh gajinya untuk menanggulangi pandemik Covid-19 di wilayahnya.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tabanan, Dewa Ayu Sri Budiarti. Kata dia, komitmen Ni Puti Eka juga diikuti seluruh ASN di Tabanan.

“Iya benar, 100 persen gaji Ibu Bupati langsung diserahkan ke dompet peduli Covid-19, dan ini juga ide beliau. Semua ASN juga ikut menyumbang dan dinas sosial yang akan mengelola,” ujar Dewa Ayu Sri Budiarti, Minggu (3/5).

Dijelaskan Dewa Ayu, Bupati Eka terketuk untuk menyumbangkan seluruh gajinya ini lantaran prihatin dengan meluasnya dampak negatif dari wabah berbahaya asal Wuhan China itu.

“Karena menurutnya, dalam penanganan krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 ini, tentu menguras anggaran dan biaya yang tidak sedikit. Apalagi banyak masyarakat yang terdampak, baik secara sosial, ekonomi maupun kesehatan,” jelasnya.

Bupati Eka sendiri menyampaikan semua pihak harus bergerak untuk dapat bahu membahu melawan virus Covid-19.

“Ini bukan lagi masalah kepemimpinan, tetapi ini masalah kemanusiaan. Dalam kondisi pandemik seperti ini, kita harus menguatkan rasa empati kita. Silahkan gunakan seluruh gaji saya sebagai kepala daerah untuk kemaslahatan masyarakat khususnya di Tabanan,” ucap Bupati Eka.

Tak hanya gajinya sebagai Kepala Daerah, Bupati Eka juga menyumbangkan hasil pertanian miliknya untuk membantu rakyatnya yang telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sebelumnya, melalui yayasan Ekalawya yang dipimpinnya, Bupati sibuk membuat paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat miskin maupun para pekerja yang terdampak Covid-19, dan memberikan paket stamina kepada Satgas dan petugas PMI.[ida]