Skema PPDB 2020 Bakal Berubah Dampak Corona

Skema PPDB 2020 Bakal Berubah Dampak Corona

Wabah virus corona (Covid-19) benar-benar berdampak terhadap nyaris seluruh sendi kehidupan rakyat. Mulai dari kesehatan, ekonomi, bahkan pendidikan pun ikut terimbas.


Salah satu yang dipastikan terkena dampak adalah skema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020. Pasalnya, saat ini semua pihak tengah disibukan dengan penanganan pencegahan virus corona (Covid-19).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Asep Junaedi. Menurut Asep Junaedi, saat ini Disdikpora tengah merinci perubahan sistem dalam PPDB 2020. Perubahan akan dibahas secara menyeluruh agar tidak memusingkan orang tua dan calon siswa saat mendaftarkan anaknya.

“Perubahan itu pasti ada, terlebih karena tidak ada ujian nasional tahun ini,” ungkap Asep, Rabu (1/4).

Asep mengakui, sampai saat ini pihaknya belum menerima arahan apa pun dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan PPDB 2020. “Nanti pastinya ada arahan, kita belum mendapatkan arahan dari pusat juga,” imbuhnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Asep merinci, sedikitnya ada 40 ribu siswa SD atau MI yang akan masuk ke tingkat selanjutnya, yakni SMP maupun MTs di Kabupaten Karawang.

“Kita akan menjamin semuanya bisa masuk serta melanjutkan sekolah,” pungkasnya.