Serangan Jantung Mestinya Dapat Dihindari

RMOLSumsel. Publik seantero Indonesia terperangah. Aktor kondang yang terlihat selalu tampil prima Ashraf Sinclair meninggal dunia, Selasa (18/2/2020) pukul 04.05 WIB. Yang lebih mengejutkan, suami artis cantik Bunga Citra Lestari meninggal mendadak akibat serangan jantung.


Dukacita dan belasungkawa atas meninggalnya Ashraf Sinclair. Ketika ajal menjemput, tak ada tangan yang kuasa mencegahnya. Namun paling tidak, manusia bisa berusaha menghindari terserang penyakit. Termasuk sakit jantung seperti yang terjadi pada Ashraf.

Dikutip dari GenPi.co edisi hari ini, David Katz, MD, MPH yang merupakan pendiri Inisiatif Kesehatan Sejati, asupan makanan alami dan nabati adalah sumber utama untuk mencegah serangan jantung.

Lebih lengkapnya, berikut 5 makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk sehatkan jantung:

  1. Kacang hitam

Satu cangkir kacang hitam mengandung hampir lima gram serat larut, yang mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan menghilangkan kolesterol dari tubuh. Kacang hitam juga kaya anthocyanin, antioksidan yang membantu melindungi jantung. "Kacang-kacangan menonjol dalam semua diet Blue Zone," kata Katz. Jadi sebagai pengganti daging, pilihlah kacang hitam. Masukkan biji kacang hitam ke dalam salad dan sarapan orak-arik, atau buat roti quinoa Anda sendiri.

  1. Tomat

Pasta, jus, dan saus tomat kaleng memberikan lycopene paling banyak, antioksidan yang telah lama dipelajari untuk manfaat kesehatan jantung, termasuk mengurangi peradangan dan mungkin meningkatkan aliran darah. Sediakan makanan olahan yang terbuat dari tomat, seperti pasta whole-grain dengan saus marinara, atau jus tomat untuk mendapatkan lebih banyak lycopene.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung sebagian besar polifenol dan lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk jantung Anda. Menurut penelitian baru dalam jurnal American Heart Association Circulation, orang-orang melakukan diet Mediterania dengan empat sendok makan minyak zaitun extra-virgin per hari selama setahun memiliki fungsi HDL yang jauh lebih baik, yang berarti penghilangan plak yang lebih baik dan pembuluh darah lebih rileks.

Diet ini melawan kelompok kontrol "sehat" yang berfokus pada pengurangan daging merah, makanan olahan, produk susu berlemak tinggi, dan permen. Untuk mendapatkan fungsi HDL yang lebih baik, campurkan minyak zaitun extra-virgin di atas salad dan telur rebus. Masak dengan panas rendah atau sedang.

  1. Sarden

Sarden adalah sumber utama asam lemak omega-3 berbasis laut, lemak tak jenuh yang terbukti bermanfaat bagi jantung. Omega-3 juga menurunkan trigliserida (lemak dalam darah Anda) dan pembentukan plak arteri yang lambat. Anda bisa memakannya langsung, dengan minyak zaitun, atau dengan saus tomat. The USDA Dietary Guidelines merekomendasikan delapan ons makanan laut per minggu, jumlah yang terkait dengan penurunan kematian jantung.

  1. Stroberi

Dalam sebuah penelitian besar di Sirkulasi, para peneliti melihat jurnal makanan orang-orang dan menemukan bahwa mereka yang makan stroberi dan blueberry tiga hari per minggu memiliki 32 persen penurunan risiko serangan jantung. Sementara buah beri lainnya juga mengandung antioksidan kuat anthocyanin yang berguna buat jantung. [ida]