1.000 Pekerja Informal di Palembang Bakal Dapat Jaminan Kesehatan

Kabid Perencanaan Eksosbud Bappeda Litbang Palembang, Syuhada memberikan pelakat kepada perwakilan RS Charitas Palembang. (Humaidy Aditya Kenedy/Rmolsumsel.id).
Kabid Perencanaan Eksosbud Bappeda Litbang Palembang, Syuhada memberikan pelakat kepada perwakilan RS Charitas Palembang. (Humaidy Aditya Kenedy/Rmolsumsel.id).

Sebanyak 1.000 pekerja informal yang ada di Kota Palembang bakal mendapatkan jaminan kesehatan. Jaminan tersebut dari CSR RS Charitas Palembang bersama BPJS Ketenagakerjaan Kota Palembang.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Palembang, Ibkar Saloma mengatakan, jaminan kesehatan tersebut berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Yang mana teknisnya nanti RS Charitas Palembang akan membayar iuran untuk 1.000 pekerja informal yang ada di Kota Palembang.

"Nanti akan difokuskan kepada pekerja yang kita anggap risikonya tinggi, mulai dari ojek, supir perahu, tukang parkir, dan lain-lain," katanya seusai pemberian CSR di Kantor Bappeda Litbang, Senin (23/5).

Adapun perlindungan kecelakan kerja yang akan didapatkan nantinya yakni pelayanan kesehatan mulai dari kecelakaan hingga pekerja tersebut dinyatakan sembuh dan bisa bekerja kembali. Kemudian biaya pengobatan serta operasi juga tidak dibatasi atau unlimited.

Bahkan jaminan tersebut juga menjamin kematian, cacat, hingga penggantian uang penghasilan per hari apabila terjadi kecelakaan kerja.

"Itu jaminan yang nanti bisa didapatkan oleh 1.000 pekerja informal yang akan kita data," terangnya.

Lalu terkait peserta jaminan CSR tersebut, Ibkar mengatakan akan melakukan pendataan melalui kerjasama dengan beberapa pihak, seperti Dinas Sosial, Bappeda Litbang, hingga OPD terkait lainnya di lingkup Pemkot Palembang.

"Untuk pesertanya itu semua yang belum terdaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan, jadi tidak hanya memberikan jaminan, kita juga mencoba menarik mereka untuk ikut jadi peserta juga.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Eksosbud Bappeda Litbang Kota Palembang, Syuhada mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan bersama RS Charitas Palembang tersebut. Menurutnya, dengan jaminan yang diberikan dapat melingdungi keselamatan kerja para pekerja informal yang ada di Kota Palembang.

"Jaminan seperti ini memiliki manfaat yang sangat besar dan penting. Karena beberapa pekerja yang mendapatkan kecelakaan kerja dapat diringankan dengan jaminan ini," katanya.

Hal yang sama juga diucapkan Wakil Direktur SDM dan Umum RS Charitas Palembang, Noer Triyanto bahwa pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Palembang, terkhusus 1.000 pekerja informal yang akan masuk dalam program ini.

"Kami juga ingin bisa terus berkoordinasi serta berperan aktif dalam program-program CSR yang ada di Kota Palembang ini," pungkasnya.